Uji Kompetensi Perbankan Syariah di Kampus STIAMI

Program e-Learning Ekonomi Syariah (Elsya) yang digagas Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), memenuhi permintaan implementasi program Uji Kompetensi dan Pelatihan Perbankan Syariah dengan metode e-Learning dari Institut STIAMI. Kampus ini mendesain uji kompetensi dengan metode Blended Learning, yaitu perpaduan antara pelatihan dan uji kompetensi tatap muka langsung dengan narasumber dipadukan dengan pembelajaran melalui e-Learning.

Ketua Program Studi Administrasi Bisnis Institut  Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI , Nidaul Izzah, SE., M.Pd sangat mendudkung metode Blended Learning yang akan diterapkan dalam Pelatihan dan Uji Kompetensi Perbankan Syariah, dimana materi Elsya MES yang dipelajari secara daring, bersinergi dengan pelatihan tatap muka bersama narasumber menjadikan kegiatan ini berjalan efektif. Selain itu juga, program ini untuk menjawab tuntutan kemajuan pembelajaran dengan e-Learning.

Materi yang dipelajari yaitu Perbankan Syariah. Para peserta mempelajari materi yang akan dibahas secara menarik. Modul-modul yang dipelajari oleh para mahasiswa Institut STIAMI diantaranya yaitu: Sistem Ekonomi Islam, Transaksi Keuangan Syariah, Prinsip Penghimpunan Dana Bank Syariah, Prinsip Penyaluran Dana Bank Syariah, Prinsip Jasa Bank Syariah dan Perhitungan Bagi Hasil.

Disamping itu, terdapat pula forum diskusi, mid test (ujian tengah semester) dan post test (ujian akhir semester). Forum diskusi interaktif sebagai media pendalaman materi, sedangkan mid test dan post test untuk mengukur tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang dipelajari. Terdapat pula sertifikat kelulusan bagi mahasiswa dengan lulus dengan standar nilai tertentu. Semua layanan penunjang tersebut, dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan yang siap berdaya saing di era kemajuan industri yang semakin mengglobal.

Tahap awal dalam rangkaian proses pembelajaran Elsya MES adalah sosialisasi program. Tahapan ini telah dilaksanakan oleh Institut STIAMI Ahad, 24 Maret 2019. Bertempat di Lantai 3 Kampus STIAMI Tanjung Barat, diikuti oleh 24 peserta program.

Para peserta sangat antusias dalam menyimak pemaparan terkait implementasi dan teknis belajar e-Learning yang disampaikan oleh Roudotul Firdaus, salah satu tim Elsya MES. Program ini memang didesain membuat peserta asyik menikmati materi, sangat fleksibel karena dapat diakses dimanapun oleh peserta melalui gawai. Dengan begitu, diharapkan pemahaman materi dapat terserap dengan baik.