Tantangan Pembelajaran di Era Industri 4.0

Tantangan Pembelajaran di Era Industri 4.0

Pendidikan sangat erat kaitannya dengan perkembangan manusia. Semakin besarnya populasi manusia maka semakin besar juga kebutuhan akan pendidikan. Beberapa permasalahan yang akan dihadapi diantaranya; keterbatasan jumlah kelas dan pengajar sementara kebutuhan terhadap pendidikan sangat besar, menyebabkan supply dan demand tidak berimbang. Maka tidak mengherankan apabila biaya pendidikan semakin tinggi. Kondisi inilah yang terjadi dalam dunia pendidikan.

Memasuki pembelajaran di Era Industri 4.0 yang semakain berkembang ke arah digital, sangat penting bagi institusi pendidikan menerapkan sistem e-learning sebagai opsi pembelajaran. Karena e-Learning memungkinkan interaksi virtual pengajar (instruktur/ dosen/ guru) dan peserta didik dalam mengkases pembelajaran tanpa batas.

Metode e-Learning yang saat ini menjadi salah satu metode pembelajaran yang diterapkan pada pendidikan, digunakan sebagai salah satu opsi untuk mempermudah mahasiswa dalam mengakses pelajaran dimana pun dan kapanpun. Tidak terbatas pada jarak, waktu, kondisi dan ruangan pendidikan. Di samping itu, e-Learning memungkinkan proses transfer knowledge secara efektif dan efisien terutama dengan keterbatasan interaksi fisik langsung.

Tentunya e-Learning ini dapat terlaksana dengan baik apabila didukung komitmen institusi, pengajar dan peserta didik untuk bersama-sama mendukung implementasinya. Banyak ditemukan metode e-Learning diterapkan oleh institusi hanya menjadi komplementer tanpa bimbingan dari para pengajar, menjadikan proses pembelajaran belum efektif dan sesuai output yang diinginkan. Selain itu, masih banyak institusi yang apatis terhadap perkembangan dunia pendidikan. Enggan beranjak dari metode konvensional (inclass / tatap muka) menuju pembelajaran e-Learning, menjadikan institusi tersebut tertinggal jauh dibandingkan institusi yang lebih respon terhadap tuntutan pendidikan di Era Industri 4.0 yang mengandalkan kecepatan, kemudahan akses, efektifitas, efisiensi dan fleksibilitas.

Pada akhirnya, metode pembelajarn e-Learning yang diterapkan oleh institusi pendidikan dapat memberikan inovasi baru dalam pembelajaran yang saat ini sangat dipengaruhi oleh Era Digital yang semakin maju. Sehingga dapat memberikan sesuatu yang dinamis pada perkembangan pendidikan di indonesia mengikuti Era Industri 4.0 ini.