Prospek Lembaga Keuangan Syariah di Masa Pandemi

Elsya MES Hadir di Kampus IAIN Ponorogo

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) didukung BNI Syariah dan IAIN Ponorogo menyelenggarakan webinar e-Learning Ekonomi Syariah (Elsya) MES Goes to Campus ke 16 (enam belas). Webinar yang diikuti oleh peserta baik mahasiswa, akademisi, praktisi dan masyarakat, bertujuan untuk meningkatkan edukasi literasi dan inklusi keuangan syariah kepada generasi muda.

Hadir memberikan sambutan dalam acara ini, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo, Luthfi Hadi Aminullah dan Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Edy Setiadi. Hadir sebagai pembicara Wakil Ketua Komite Bidang III PP MES, Rifki Ismal dan Wakil Dekan III FEBI, Aji Damanhuri.

Materi ELSYA MES Goes To Campus (EMGC) dengan tema “Prospek Lembaga Keuangan Syariah di Masa Pandemi Covid-19” diantaranya adalah terkait pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan kondisi ekonomi di Indonesia tidak stabil. Namun patut diapresiasi upaya pemerintah yang cukup sigap dengan mengeluarkan beberapa kebijakan diantaranya memberikan stimulus dunia usaha dan meminimalisir risiko yang diakibatkan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terbaru, total aset industri keuangan syariah terus meningkat, Perbankan Syariah mengalami kenaikan 14 triliun dari bulan sebelumnya 517,2 triliun menjadi 531,7 triliun, IKNB Syariah menurun menjadi 107,2 triliun dari 109,4 triliun. Sedangkan capital market mengalami kenaikan dari 2.899,5 triliun menjadi 2.905,7 triliun.

Mencermati perkembangan saat ini, dibutuhkan peran segenap sektor keuangan untuk menjaga ekonomi nasional tetap stabil. Salah satu pilar ekonomi nasional yaitu Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Kehadiran LKS berperan memberikan layanan kepada masyarakat, agar aktifitas ekonomi masyarakat terus berjalan. Selain itu, LKS diharapkan mampu menghadirkan produk yang memberikan social impact yang lebih di masa pandemi ini dan turut membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi.

Sektor keuangan syariah sosial juga mengalami pertumbuhan positif di tahun ini didorong oleh naiknya penyaluran zakat. Bahkan menurut proyeksi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) penghimpunan zakat tahun 2020 diperkirakan mencapai lebih dari Rp10 triliun meningkat 20%-30% dibandingkan 2019 Rp8 triliun.

Kegiatan EMGC merupakan salah satu serial webinar yang diselenggarakan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) melalui badan semi otonom yang dimiliki yaitu e-Learning Ekonomi Syariah (Elsya) bersama kampus – kampus Indonesia & Dunia sebagai sarana silaturahim, bertukar pikiran, sekaligus forum diskusi dan peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah masyarakat luas.salah satu upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat.

Sumber : Elsya MES