Program Elsya MES di Kampus Trisakti

Program e-Learning Ekonomi Syariah (Elsya) yang digagas Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), memenuhi permintaan implementasi program e-Learning dari Prodi Keuangan dan Perbankan Syariah FEB Universitas Trisakti. Kampus ini mendesain perkuliahan Fiqh Muamalah dengan metode Blended Learning. Ketua Prodi, Dr. Lavli Matria mengatakan, “Metode Blended Learning yang akan diterapkan dalam perkuliahan Fiqh Muamalah, dimana materi Elsya MES yang dipelajari secara daring, bersinergi dengan perkuliahan tatap muka bersama dosen pengampu di kelas. Sehingga perkuliahan dapat berjalan efektif. Selain itu juga, program ini untuk menjawab tuntutan kemajuan pembelajaran dengan e-Learning”.

Materi yang dipelajari yaitu Fiqh Muamalah. Para peserta mempelajari materi yang akan dibahas secara menarik. Modul-modul yang dipelajari oleh para mahasiswa FEB Universitas Trisakti hanya 6 modul dari jumlah 10 modul yang ditersedia dalam materi Fiqh Muamalah. Modul tersebut yaitu: Hakekat Fiqh Muamalah, Konsep Harta Dalam Islam, Konsep Akad Dalam Islam, Jual Beli, Akad Mudharabah dan terakhir modul Akad – Akad Tabarru & Aplikasinya di Lembaga Keuangan Syariah.

Dosen pengampu materi Fiqh Muamalah, Didik Djatmiko mengatakan, “6 modul tersebut sesuai dengan kurikulum yang ada di prodi kami, sehingga dapat menunjang kualitas pembelajaran bagi mahasiswa”.

Disamping itu, terdapat pula forum diskusi, mid test (ujian tengah semester) dan post test (ujian akhir semester). Forum diskusi interaktif sebagai media pendalaman materi, sedangkan mid test dan post test untuk mengukur tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang dipelajari. Terdapat pula sertifikat kelulusan bagi mahasiswa dengan lulus dengan standar nilai tertentu. Semua layanan penunjang tersebut, dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan yang siap berdaya saing di era kemajuan industri yang semakin mengglobal.

Tahap awal dalam rangkaian proses pembelajaran Elsya MES adalah sosialisasi program. Tahapan ini telah dilaksanakan oleh FEB Trisakti pada Kamis, 28 Februari 2019. Bertempat di Lantai 2 Gedung I kampus Trisakti, diikuti oleh 48 peserta program dan 2 dosen pengampu sekaligus instruktur dalam program ini.

Para peserta sangat antusias dalam menyimak pemaparan terkait implementasi dan teknis belajar e-Learning yang disampaikan oleh Roudotul Firdaus, salah satu tim Elsya MES. Program ini memang didesain membuat peserta asyik menikmati materi, sangat fleksibel karena dapat diakses dimanapun oleh peserta melalui gawai. Dengan begitu, diharapkan pemahaman materi dapat terserap dengan baik.