Pegadaian Syariah Gelar Lomba Kreasi Sambal

Pegadaian Syariah Kantor Pusat menggelar Lomba Kreasi Sambal dan demo masak oleh Chef Daulay di Pesonna Hotel Malioboro, Jogja pada Sabtu (19/10/2019). Puluhan peserta tampak antusias mengikuti lomba dan demo masak tersebut.

Kegiatan ini merupakan sinergi antara Pesonna Hotel Malioboro dan Pegadaian Syariah Kantor Pusat yang diharapkan mampu mewadahi bakat memasak yang dimiliki masyarakat Indonesia.

Lomba ini menyita animo masyarakat, terbukti banyak warga masyarakat yang antusias ingin mengikuti lomba. Bahkan, peserta yang datang lebih dari kapasitas awal yang disediakan. Lantaran keterbatasan tempat dan alat, akhirnya peserta dibatasi hanya 56 peserta. Mereka berlomba dengan membuat tiga kreasi sambal yakni sambal bawang, sambal terasi, dan sambal matah.

Rencananya, kegiatan ini akan dilakukan di sembilan titik. Tahap pertama digelar di tiga titik yaitu Jogja, Gresik dan Pekanbaru. Pada setiap daerah, jenis sambal yang dibuat pun akan berbeda-beda. Hal ini menandakan kekayaan kuliner yang dimiliki Indonesia.

Dalam lomba ini juara pertama mendapatkan Tabungan Emas senilai Rp1 juta, juara dua Rp750.000, dan juara tiga Rp600.000. Adapun harapan 1, 2 dan 3 berhak atas voucher hotel senilai Rp500.000.

Selain mengikuti lomba membuat kreasi sambal, para peserta juga mendapatkan edukasi literasi keuangan. Literasi ekonomi dan keuangan syariah kepada masyarakat sangat penting agar setiap komponen menyadari pentingnya mengoptimalkan potensi ekonomi dan keuangan syariah bagi bangsa ini. Sebagai contoh, perlu disosialisasikan mengenai konsep bagi hasil yang menimbulkan return yang berpotensi fluktuatif pada investasi syariah kepada institusi yang memeriksa keuangan negara. Tujuannya ketika berinvestasi secara syariah, melalui instrumen keuangan syariah yang ada, tidak lagi ada keraguan didalamnya.

Selain itu, para peserta juga mengikuti demo memasak oleh Chef Daulay yang bersertifikat internasional. Chef akan menunjukkan cara membuat empal gentong dan puding kelapa.

Sumber : Pegadaian Syariah