Dalam lingkungan pendidikan yang terus berubah saat ini, dibutuhkan metode perkuliahan efektif yang dapat membantu para mahasiswa memahami materi – materi yang dipalajari.

Tidak mengherankan dunia Pendidikan telah berubah, karena Perguruan Tinggi, baik besar atau kecil, selalu memperkaya khazanah keilmuan dan mengikuti arus perubahan model pendidikan yang terjadi. Disamping itu, kampus menyambut mahasiswa dari beragam budaya yang berbicara bahasa yang berbeda. Jadi untuk memberi pengajaran yang efektif,  banyak kampus mengambil langkah maju dalam menciptakan model blended Learning.

Meskipun materi perkuliahan biasanya dianggap cukup disampaikan melalui tatap muka, akan lebih efektif lagi jika dipadukan dengan penyampaian materi secara daring (online), karena memberi kenyamanan bagi para mahasiswa dalam melahap materi – materi perkuliahan. Semakin baik metode Blended Learning yang diberikan kepada mahasiswa, semakin baik pula pemahaman mereka terhadap materi yang dipelajari.

 

Kuliah Jarak Jauh

Salah satu manfaat lain dari model Blended Learning ini adalah kuliah jarak jauh. Banyak para pelajar dai berbagai wilayah di Indonesia sangat mendambakan bisa menikmati beragam materi perkuliaahan di kampus – kampus favorit. Namun kendala jarak geografis menghalangi harapan tersebut. Melalu Blended Learning, dimana antara pengajar (dosen) dan mahasiswa tidak perlu hadir di tempat yang sama, sangat memungkinkan bagi siapapun dari berbagai daerah untuk belajar materi – materi menarik dari para profesional. Dalam metode seperti ini, sangat penting bagi penyedia layanan untuk mengembangkan system pembelajaran daring untuk memenuhi permintaan dari mahasiswa yang beragam.

Masih banyak lagi manfaat – manfaat yang akan didapatkan, baik untuk Perguruan Tinggi secara institusi ataupun para mahasiswa dari pembelajaran dengan metode Blended Learning ini. Diantaranya manfaat terkait kenyamanan belajar, fleksibilitas, kemampuan memantau proses pembelajaran secara detail dan lain sebagainya. Nantikan pembahasan menarik lain pada artikel berikutnya.

Pelajari lebih lanjut di elsyames.com