Lokalatih Zakat Wakaf Lahirkan Agen Ekonomi Syariah

Jakarta – Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI menggelar Lokalatih Tunas Muda Agen Perubahan Ekonomi Syariah. Kegiatan dengan tema “Zakat Wakaf Membangun Umat” menggandeng Program e-Learning Ekonomi Syariah (Elsya) MES. Hadir sebanyak 50 orang untuk angkatan I telah terlaksana pada 23 April di Hotel Santika Premiere, Slipi, Jakarta Barat. Peserta merupakan penyuluh Agama Islam Non PNS untuk Wilayah Indonesia Bagian Barat, Pegiat Sosial Media dan JFU Kementerian Agama RI.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pemahaman bagi para penyuluh Zakat dan Wakaf. Materi dirancang khusus sebagai komplementer atau penunjang pada lokalatih ini. Bersama Elsya MES yang merupakan program belajar daring ini memiliki konsentrasi pada bidang pengembangan ekonomi syariah secara efektif dan efisien. Materi pada Konsep Dasar Ekonomi Islam terdiri modul e-learning, video learning, e-book serta forum diskusi peserta dan instruktur. Peserta dibekali materi-materi diantaranya Filosofi Ekonomi Islam, Islam sebagai Referensi Utama Ekonomi, Rasionalitas dan Karakteristik Ekonomi Islam, Perilaku Ekonomi dalam Islam, Implikasi Zakat dalam Ekonomi, Instrumen Fiskal dalam Ekonomi Islam, Implikasi Riba, Sistem Moneter Islam dan Wakaf sebagai Solusi Permasalahan Sosial.

Manajer Program Elsya MES Roudhatul Firdaus mengatakan para peserta mendapatkan akses materi. Selain itu, terdapat modul-modul yang bisa diunduh, mengikuti ujian mid-test dan post-test. Pada akhir program, akan mendapat sertifikat kelulusan bagi peserta yang menyelesaikan ujian dengan standar nilai tertentu. “Semua layanan tersebut, dalam rangka meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah bagi masyarakat kualitas” Ucap Rofie.

Tahap awal dalam rangkaian proses pembelajaran adalah sosialisasi program. Tampak para peserta sangat antusias dalam menyimak pemaparan terkait implementasi belajar Elsya MES. Setelah itu, peserta bisa mempelajari materi Zakat dan Wakaf melalui gawainya masing-masing. Belajar dan mengikuti mid-test secara serentak sebagai bentuk evaluasi pembelajaran di Elsya. Program ini memang didesain membuat peserta asyik menikmati materi, dengan begitu diharapkan pemahaman materi dapat terserap dengan baik.

Kalau kamu, kapan pakai Elsya MES ?