Keunggulan E-learning dan Optimisnya di Masa Depan

Pembelajaran dengan metode tradisional kini banyak beralih ke e-learning, menunjukkan terjadinya proses menuju revolusi teknologi di dunia infromasi. E-learning atau pembelajaran elektronik adalah istilah umum yang menggambarkan bahwa pendidikan saat ini sudah menggunakan perangkat elektronik dan media digital. Penggunaan e-learning di masa depan benar-benar akan semakin mendominasi dibandingkan dengan yang tradisional.

Ruang lingkup e-learning memiliki perspektif yang lebih luas. Sangat bermanfaat untuk orang yang tidak bisa berinteraksi secara langsung tetapi ingin berbagi keterampilan mereka dan mengajarkan apa yang mereka ketahui dapat melalui Internet seperti sesuatu yang orang-orang pelajari dari Youtube ataupun Google.

Jika berbicara tentang e-learning, maka itu merujuk pada akses kurikulum pendidikan di luar kelas tradisional. Pada umumnya, definisi e-learning ini adalah program belajar yang disampaikan secara online. Bisa bersifat interaktif karena peserta dapat berkomunikasi di forum, berinteraksi dengan guru atau peserta lainnya. Mungkin bisa saja disampaikan langsung, di mana peserta secara online berinteraksi secara realtime atau video taping. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa ada guru/instruktur yang selalu memantau peserta dan menilai partisipasi, tugas, hingga ujian peserta.

Kenapa harus e-learning? Apa keunggulan dari e-learning itu sendiri? Tentu e-learning memiliki keunggulan dan manfaat, antara lain:

Tanpa Biaya Perjalanan. Apakah itu waktu, energi, atau uang bisa dihemat melalui e-learning. Peserta dapat belajar dari rumahnya masing-masing dan tersedia kapanpun. Memfasilitasi peserta yang berada jauh dari pusat pendidikan, pembelajaran ataupun pelatihan.

Serbaguna. Peserta dapat menentukan apa pun yang mereka inginkan, misalnya untuk memenuhi tugas di universitas atau perguruan tinggi. Selain itu, kursus e-learning untuk mencapai karirnya, studi atau keduanya sekaligus.

Peningkatan Kepribadian dan Portfolio. Perhatian terhadap peningkatan kapasitas diri adalah sesuatu yang sangat penting namun jarang diajarkan dan diketahui. Tetapi melalui e-learning, peserta bisa berinteraksi dengan peserta lainnya secara lebih luas melaui forum diskusi. Peserta dapat terbantu meningkatkan kapasitas diri dan keterampilannya.

Memperoleh Sertifikat. Keuntungan lainnya adalah peserta bisa mendapatkan sertifikasi di bidang apa pun melalui e-learning dan ia bebas menentukannya sesuai kebutuhan.

Jadi, pada intinya adalah e-learning optimis bahwa di masa depan akan banyak digunakan hampir seluruh kalangan. Para peserta dapat terhubung dengan orang lain yang memiliki minat yang sama di dalam forum diskusi. Selain itu, mereka bisa menghemat waktu, tenaga, uang, serta manfaat lainnya yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan apa yang menjadi keinginannya masing-masing.

Sumber: www.phoneworld.com