Hadiri Munas MES, Joko Widodo Jadi Pimpinan Sidang

Foto: MES

Jakarta – Sabtu, 23/01/2021, Masyarakat Ekonomi Syariah telah  melangsungkan Musyawarah nasional 5th pada Sabtu 23 Januari 2021. Hadir tanpa pengawalan ketat, Joko Widodo terlihat tiba di Wisma Mandiri I pada pukul 08.00 WIB mengenakan setelan busana khas batik dan langsung disambut oleh beberapa Pengurus Pusat MES yang antri tes Swab PCR.

Dalam Munas V MES ini, Joko Widodo selaku ketua Pengurus Wilayah Khusus (PWK) MES Jepang didapuk menjadi salah satu pimpinan sidang bersama dengan 8 (delapan) orang lainnya dari pengurus pusat MES. Pada sesi sharing session, pria yang juga akrab dipanggil Jokowi ini mengutarakan kekagumannya kepada seluruh peserta Munas MES yang tampak bersemangat dalam mengikuti setiap sesi persidangan meskipun dilakukan secara online.

Jokowi yang baru-baru ini baru tiba dari Jepang, juga memberikan gambaran tentang potensi industri halal di jepang yang tumbuh cukup baik. Menurutnya, kondisi tersebut dikarenakan masyarakat jepang menilai makanan yang berlebel halal lebih menyehatkkan.

“Industri halal di Jepang sedang tumbuh dengan baik, selain dibutuhkan oleh masyarakat muslim yang ada di Jepang, makanan halal juga disukai oleh masyarakat Jepang non muslim yang kemudian menjadikannya sebegai lifestyle karena dianggap lebih sehat. Maka dari itu, kalau diamati, restoran halal di Jepang banyak sekali dikunjungi oleh masyarakat asli Jepang” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi turut menjelaskan terkait pasar tenaga kerja yang ada di Jepang yang akan membutuhkan 30 ribu tenaga kerja untuk mengisi 14 sektor industri yang ada di Jepang. “Pasar tenaga kerja di Jepang juga menjanjikan karena ke depannya dibutuhkan 30 ribu tenaga kerja guna mengisi 14 sektor industri. Jepang sendiri terkait tenaga kerja mulai menutup pintu kepada tenaga kerja China dan mulai melirik tenaga kerja dari Indonesia”.

Dalam penuturannya, Jokowi yang merupakan Ketua Umum Pengurus Wilayah Khusus MES Jepang ini kemudian mengakhiri penjelasannya dengan menceritakan keunikan pengurus MES Jepang. “Keanggotanan pengurus MES Jepang cukup unik, selain diisi oleh beberapa orang Indonesia, MES Jepang juga diisi oleh 3 (tiga) pengurus yang asli orang Jepang. Satu diantaranya mualaf dan sudah haji, kemudian dua lainnya adalah non muslim. Saya selaku inisiator MES Jepang berharap kedepannya MES Jepang bisa diketuai oleh orang Jepang sendiri” tutup Jokowi.

Sumber: MES