Elsya MES Merespon Kebutuhan Pendidikan Daring

Penetrasi internet di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat beberapa tahun belakangan ini. Hal tersebut diikuti dengan sejumlah tren positif antara lain peralihan sistem belajar luring (offline) ke daring (online), yaitu platform e-Learning. Metode belajar menggunakan e-learning diklaim memiliki sejumlah kelebihan bila dibandingkan dengan sistem belajar luringdi antaranya menghemat waktu belajar, biaya, serta lebih efektif.

Dalam bidang Pendidikan, data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Indonesia memiliki lebih dari 50 juta siswa. Sementara jumlah tenaga pendidik di sekolah umum hanya sekitar 3 juta. Maka dari itu, ketersediaan buku teks merupakan hal mendasar di bidang pendidikan. Berkat perkembangan teknologi hal itu terpenuhi dan mengalami penyesuaian berupa materi pengajaran daring yang mudah diakses.

Laporan bertajuk “Indonesia Digital Education and e-Learning Market Outlook to 2018 – Rising Trend of Blended to Drive the Future Growth” memaparkan total pengeluaran untuk pendidikan digital di Indonesia telah berkembang dalam lima tahun terakhir.

Laporan itu juga menunjukkan ada peningkatan kolaborasi antara institusi pendidikan dan penyedia pendidikan digital guna melengkapi kelas mereka dengan fasilitas pendidikan digital.

“Lembaga pendidikan terkenal terkemuka di negara ini telah menjadi lebih reseptif terhadap penerapan komponen pembelajaran hi-tech“, demikian penggalan isi laporan itu.

“Kemajuan-kemajuan teknologi di bidang pendidikan di Indonesia telah memberikan sejumlah manfaat bagi institusi Pendidikan, juga termasuk industri keuangan, seperti pelaksanaan pelatihan, tes daring, video streaming dan beberapa fasilitas lainnya,” lanjut laporan tersebut.

Diantara lembaga yang merespon kemajuan teknologi tersebut adalah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). MES sebagai organisasi nirlaba yang concern dalam bidang Ekonomi Syariah memiliki tanggung jawab akan peningkatan literasi keuangan syariah masyarakat, menjawab tantangan kemajuan teknologi pembelajaran melalui metode pendidikan daring yang dinamakan program e-Learning Ekonomi Syariah (Elsya MES).

Melalui Learning Management System (LMS), Elsya MES menawarkan keleluasaan kepada pengguna. Mereka hanya perlu registrasi, memilih materi dan memulai sesi belajar sesuai sesuai jadwal mereka.

Program Elsya MES memungkinkan peserta kursus dapat terpantau secara detail. Program kursus yang semakin digemari ini sangat menarik untuk dicoba karena memiliki sejumlah keunggulan dibanding cara belajar konvensional. Diantaranya, pertama, Elsya MES merupakan satu – satunya platform pendidikan Ekonomi Syariah di Indonesia yang menggunakan metode pembelajaran e-Learning dengan modul kursus terlengkap yang dapat diakses oleh siapa saja.

Kedua, program Elsya MES sangat fleksibel, mudah diakses kapan pun dan mampu menjangkau wilayah geografis yang lebih luas. Ketiga, materi – materi yang terdapat dalam program Elsya MES, disusun oleh para pakar Ekonomi Syariah berdasarkan kebutuhan untuk meningkatkan literasi keuangan syariah, dimana para pakar tersebut akan memantau langsung selama proses pembelajaran daring dengan diskusi interaktif. Disamping itu, materi disampaikan secara menarik melalui video animasi interaktif, sehingga membuat setiap peserta akan merasakan kehadiran para pemberi materi seperti layaknya seorang pengajar di kelas mereka.

Keempat, program Elsya dapat memberikan hasil Tepat Biaya (biaya kursus sangat terjangkau dengan hasil belajar berkualitas), Tepat Guna (materi kursus sesuai dengan kebutuhan yang digunakan sehari – hari), Tepat Sasaran (kebebasan memilih materi kursus dengan hasil belajar sesuai kebutuhan) dan Tepat Waktu (batas masa belajar yang dapat direncanakan). Proses belajar dapat diketahui secara detail, sehingga mudah untuk mengingatkan peserta apabila telah lama tidak mengakses kursus.

Kehadiran program Elsya MES yang diharapkan turut membantu program nasional untuk meningkatkan literasi keuangan syariah bagi masyarakat. Elsya MES sebagai solusi praktis dalam memberikan bekal pemahaman ekonomi dan keuangan syariah secara komprehensif bagi siapapun (profesional, pelajar, umum) untuk belajar dan mendalami materi terkait ekonomi dan keuangan syariah di era kemajuan industri keuangan syariah yang semakin mengglobal. RFI.