Ekonomi Syariah Terus berkembang di Sumenep

Sumenep memiliki pontensi yang cukup besar dalam pengembangan ekonomi syariah, utamanya pasar modal syariah. Hal ini setidaknya bisa dilihat dari banyaknya Peruruan Tinggi yang turut andil dalam mengoptimalisasikan literasi pasar modal syariah kepada mahasiswa.

Hal tersebut yang memacu semangat Pengurus Daerah MES Sumenep untuk menyelenggarakan edukasi kepada masyarakat luas melalui  Workshop Pasar Modal Syariah 2019 yang diselenggarakan oleh Pengurus MES Pusat bekerja sama dengan MES Sumenep sebagai tuan rumah kegiatan tersebut pada Sabtu, (14/9) yang bertempat di Ballroom C1 Hotel Jl. Sultan Abdurrahman, Sumenep.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi dihadiri sekitar 100 orang peserta dari berbagai instansi di antaranya Pegawai Bank Syariah, Aparatur Sipil Negara, Akademisi, Pengusaha dan Mahasiswa, PD MES Sumenep juga turut mengundang Pimpinan Bank Syariah dan Lembaga Keuangan Syariah, Pengasuh Pesantren.

Wakil Bupati Sumenep, Achamd Fauzi dalam sambutannya memotivasi peserta yang hadir agar bisa lebih memahami perekonomian di era digital. “sudah saatnya kita berbisnis di pasar modal dan saham syariah dengan berbagai risiko yang ada. Karena berbisni sejatinya harus menghitung-hitung kerugian, bukan keuntungan”. Beliau menambahkan rugi dalam berbisnis itu biasa, asal puny atekad untuk bisa bangkit kembali dengan menjadikan kerugian sebelumnya sebagai pengalaman berikutnya. Menurutnya hal yang paling penting dalam berbisnis harus berani mengambil keputusan cepat, tentu dengan segala risikonya. Wakil Bupati Sumenep berharap masyarakat Sumenep lebih akrab dan tidak lagi ragu dalam melakukan investasi di pasar modal syariah.

Antusias masyarakat menyambut baik dengan diselenggarakannya kegiatan ini, sehingga tidak sedikit dari peserta yang membuka akun sebagai rencana tindak lanjut dari kegiatan tersebut. Diharapkan melalui kegiatan ini meningkatkan literasi pasar modal syariah di masyarakat dan melakukan investasi di pasar modal dan saham syariah.

Sumber : MES