Cara Mudah Belajar Ekonomi Syariah

Halo, sobat MES. Apa yang terlintas dalam pikiran kalian kalau mendengar ekonomi Islam? Menakutkan? Susah? Hanya untuk orang Islam? Bayangan-bayangan buruk tentang ekonomi Islam akan terkikis sedikit demi sedikit setelah kalian tahu penting dan mudahnya belajar ekonomi Islam untuk kehidupan. Berperilaku ekonomi yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai way of life.

Apa saja sih yang harus kita pelajari dari ekonomi Islam? Dari mana kita bisa belajar ekonomi Islam? Saat ini sudah tersedia referensi, kajian, buku, seminar tentang ekonomi Islam. Di dunia pendidikan, sudah banyak perguruan tinggi yang terdapat prodi ekonomi Islam. Konferensi hingga pameran-pameran mendukung edukasi dan sosialisasi ekonomi Islam yang diselenggarakan komunitas, institusi pendidikan, organisasi-organisasi hingga pemerintah.

Bagaimana caranya jika kita ingin belajar ekonomi Islam dengan lebih mudah? Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sebagai organisasi nirlaba yang concern dalam bidang Ekonomi Syariah memiliki tanggung jawab akan peningkatan literasi keuangan syariah masyarakat, menjawab tantangan kemajuan teknologi pembelajaran melalui metode pendidikan online yang dinamakan Program Kursus e-Learning Ekonomi Syariah (Elsya).

Ketua Badan Pengelola e-Learning, Dr. Euis Amalia menjelaskan, “Program Kursus Elsya dengan metode e-Learning yang memudahkan peserta meningkatkan pengetahuan secara efektif dan menawarkan fleksibilitas tempat dan waktu belajar. Program yang sangat menarik dengan memanfaatkan media online dan teknologi digital, sehingga dapat memperluas akses belajar masyarakat tanpa batasan geografis untuk menjangkau sumber ilmu dari para pakar Ekonomi Syariah”

Elsya menawarkan beragam materi yang sesuai dengan kebutuhan untuk membantu memahami Ekonomi Syariah secara lengkap. Program yang baru dirilis pertengahan Februari 2016, merupakan solusi belajar efektif dengan platform e-learning. Program Elsya yang menggunakan Learning Managemen System (LMS) yang memungkinkan peserta kursus dapat terpantau secara detail.

Program yang semakin digemari ini sangat menarik untuk dicoba karena memiliki sejumlah keunggulan dibanding cara belajar konvensional. Di antaranya, pertama, Elsya merupakan satu–satunya platform pendidikan Ekonomi Syariah di Indonesia yang menggunakan metode pembelajaran e-Learning dengan modul kursus terlengkap yang dapat diakses oleh siapa saja.

Kedua, Program Elsya sangat fleksibel, mudah diakses kapan pun dan mampu menjangkau wilayah geografis yang lebih luas. Ketiga, materi – materi yang terdapat dalam program Elsya, disusun oleh para pakar Ekonomi Syariah berdasarkan kebutuhan untuk meningkatkan literasi keuangan syariah, dimana para pakar tersebut akan memantau langsung selama proses pembelajaran online dengan diskusi interaktif. Disamping itu, materi disampaikan secara menarik melalui video animasi interaktif, sehingga membuat setiap peserta akan merasakan kehadiran para pemberi materi seperti layaknya seorang pengajar di kelas mereka.

Keempat, Program Elsya dapat memberikan hasil Tepat Biaya (biaya kursus sangat terjangkau dengan hasil belajar berkualitas), Tepat Guna (materi kursus sesuai dengan kebutuhan yang digunakan sehari – hari), Tepat Sasaran (kebebasan memilih materi kursus dengan hasil belajar sesuai kebutuhan) dan Tepat Waktu (batas masa belajar yang dapat direncanakan). Proses belajar dapat diketahui secara detail, sehingga mudah untuk mengingatkan peserta apabila telah lama tidak mengakses kursus.

Kehadiran program kursus Elsya yang diharapkan turut membantu program OJK untuk meningkatkan literasi keuangan syariah bagi masyarakat ini, menjadikan Elsya sebagai solusi praktis dalam memberikan bekal pemahaman Ekonomi Syariah secara komprehensif bagi siapapun (profesional, pelajar, umum) untuk belajar dan mendalami materi terkait Ekonomi Syariah di era kemajuan industri keuangan syariah yang semakin mengglobal. Mudah, bukan?